Jumat, 05 Oktober 2012

Tingkat Struktur Kehidupan

Objek biologi mencakup makhluk hidup dan kehidupan. Berdasarkan tingkat organisasi kehidupan, objek biologi adalah kehidupan pada berbagai tingkat struktur. Tingkat struktur kehidupan dari yang terendah hingga tertinggi adalah molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem, dan bioma.

Pada tingkat molekul, struktur dan fungsi molekul-molekul penyusun komponen sel seperti karbohidrat, lipid, protein, dan asam nukleat merupakan objek kajian dalam biokimia.
Pada tingkat sel, struktur dan fungsi komponen sel serta proses yang terjadi pada sel merupakan objek kajian biologi.
Jaringan adalah sekumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Struktur dan fungsi berbagai jenis jaringan merupakan objek kajian pada tingkat jaringan.
Berbagai jaringan berbeda yang menjalankan fungsi tertentu membentuk organ. Setiap organ merupakan bagian dari suatu sistem dengan fungsi tertentu yang disebut sistem organ.
Berbagai sistem organ yang bekerja bersama-sama melakukan kegiatan kehidupan membentuk individu. Individu adalah unit kehidupan. Perkembangan suatu individu merupakan objek kajian ilmu biologi perkembangan.
Sekumpulan organisme atau individu dari suatu spesies tertentu yang hidup dalam suatu wilayah geografi membentuk populasi.
Populasi dari berbagai jenis organisme berinteraksi pada suatu tempat tertentu membentuk komunitas.
Organisme memiliki hubungan timbal balik dengan lingkungannya sehingga membentuk suatu sistem yang disebut ekosistem.
Bioma adalah sekelompok hewan dan tumbuhan yang tinggal di suatu lokasi geografis tertentu.
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar